Sunday, November 13, 2011

Three Lions Bow Matador

LONDON – Inggris memenangkan duel sarat gengsi yang digelar di Stadion Wembley, Minggu (13/11/2011) dini hari WIB. Adalah juara Eropa dan dunia, Spanyol, yang menjadi korban Tiga Singa.

Di tengah superioritas Spanyol selama beberapa tahun belakangan, Inggris akhirnya mencuri kemenangan lewat gol tunggal Frank Lampard di menit 49. Meski hanya bertajuk laga persahabatan, kemenangan ini jelas prestisius bagi tim berjuluk Tiga Singa.

La Furia Roja mencoba mengambil inisiatif serangan di menit-menit awal pertandingan. David Silva yang tampil brilian bersama Manchester City musim ini, diturunkan sebagai starter bersama dengan David Villa dan Andres Iniesta.

Spanyol membuka peluang pertama saat Silva mencoba memberikan umpan kepada Villa. Namun, upaya itu langsung dihadang Lescott. Beberapa kali tim besutan Vicente Del Bosque melancarkan serangan, tapi mereka kesulitan menembus rapatnya lini belakang The Three Lions.

Inggris mendapatkan peluang emas melalui Theo Walcott kala mencoba menyodorkan bola kepada Phil Jones. Sayang, tidak ada pemain yang menyambut bola dan gelandang Arsenal pun akhirnya memberikan bola kepada Frank Lampard. Bola tendangan Lampard dengan mudah ditangkap Iker Casillas.

Spanyol memang terus menguasai bola sambil beberapa kali melakukan serangan ke lini pertahanan skuad Union Jack. Tapi, hingga turun minum tidak ada ancaman berarti ditunjukkan kedua tim sehingga skor tanpa gol tetap bertahan.

Tak seperti babak pertama yang cenderung monoton, pertandingan babak kedua lebih hidup. Inggris mulai berani menyerang keluar dan merepotkan pertahanan tim tamu yang dikomandoi Sergio Ramos.

La Furia Roja melakukan tiga pergantian sekaligus di babak kedua Casillas, Silva dan Xavi ditarik keluar dan Del Bosque menurunkan Pepe Reina, Juan Mata dan Cesc Fabregas.

Tapi, justru Inggris yang membuka keunggulan di menit 49. Berawal dari tendangan bebas yang dilepaskan James Milner, bola disambut oleh sundulan Darren Bent. Namun, sundulan Bent membentur tiang dan mengarah ke ruang kosong yang langsung disambar Lampard yang berdiri tepat di depan gawang Pepe Reina. Gol cepat di babak kedua makin membangkitkan spirit anak-anak asuh Fabio Capello.

Tim Matador mencoba bangkit dan menyamakan kedudukan. Villa gagal memaksimalkan peluang setelah Iniesta memberikan umpan karena Jagielka dengan cekatan menyapu bola.

Inggris hampir saja menggandakan keunggulan di menit 66. Permainan satu dua yang ditunjukkan Rodwell – Danny Welbeck membuat pertahanan Spanyol kocar-kacir. Jordi Alba yang berniat membuang bola justru menempatkan si kulit bundar ke gawang Reina, beruntung kiper Liverpool itu sukses menepis bola.

Barisan belakang Inggris sempat lengah dan membuat Villa melepaskan tembakan keras ke arah gawang Jor Hart. Sayang, sepakannya masih membentur mistar gawang.

Fabregas dua kali mendapat peluang emas jelang menit akhir pertandingan. Usaha pertama berhasil digagalkan Hart, sementara tebndangan kedua masih melebar di tiang gawang.

Hingga wasit meniup peluit akhir, kemenangan 1-0 untuk Inggris tidak berubah.

Susuanan Pemain
Spanyol: Casillas (Reina), Arbeloa, Ramos, Pique, Alba, Busquets (Torres), Xavi (Fabregas), Iniesta, Alonso, Silva (Mata), Villa.

Inggris: Hart, G Johnson, Jagielka, Lescott, Cole, Walcott, Jones (Rodwell), Parker (Walker), Lampard (Barry), Milner, Bent.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites